Critical Review : Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Leverage Serta Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Food Beverages Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018
CRITICAL REVIEW JURNAL PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE SERTA PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN FOOD BEVERAGES DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015-2018
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Pelaporan Akuntansi
Pelaporan Akuntansi
Disusun Oleh :
Amel Yulia Maulina
NIM : 2016120670
Sulastri
NIM : 2016120573
Amel Yulia Maulina
NIM : 2016120670
Sulastri
NIM : 2016120573
FAKULTAS EKONOMI
PROGRAM STUDI AKUNTANSI
UNIVERSITAS PAMULANG
Jalan Surya Kencana No. 1 Pamulang-Tangerang Selatan
2019
PROGRAM STUDI AKUNTANSI
UNIVERSITAS PAMULANG
Jalan Surya Kencana No. 1 Pamulang-Tangerang Selatan
2019
Abstrak
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Pemilihan Judul
Berdirinya suatu perusahaan karena para pelaku usaha memiliki orientasi terhadap persaingan antar pelaku pasar. Mendirikan perusahaan dibutuhkan tujuan yang jelas agar perusahaan mampu bertahan serta memiliki tingkat daya saing tinggi. Tujuan perusahaan salah satunya yaitu upaya perusahaan dalam menciptakan laba guna mensejahterakan pemiliki perusahaan serta meningkatkan nilai perusahaan. Dalam mewujudkan tujuan perusahaan dengan memaksimalkan nilai perusahaan dibutuhkan sumber dana untuk kebutuhan operasional perusahaan. Sumber dana dapat berupa modal sendiri, laba ditahan, hutang, maupun penerbitan saham. Usaha perusahaan dalam meningkatkan nilai perusahaan dipengaruhi oleh ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas.
Alasan penulis mengambil judul Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage serta Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Pemegang saham menginginkan agar perusahaan yang dimilikinya memiliki orientasi terhadap going concern perusahaan. Untuk mencapai keberlanjutan usaha yang optimal diperlukan komitmen tinggi seluruh stakeholder serta shareholder dalam membangun perusahaan. Salah satu hasil dari komitmen tinggi perusahaan terhadap keberlanjutan usaha yaitu peningkatan pada nilai perusahaan. Meningkatnya nilai perusahaan dipengaruhi oleh banyak faktor, penulis mengambil variabel yang akan diuji pengaruhnya terhadap nilai perusahaan. Variabel-variabel yang dipilih penulis yaitu ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas.
Ukuran perusahaan diduga memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan karena semakin tinggi aset yang dimiliki oleh perusahaan, maka upaya perusahaan dalam meningkatkan nilai perusahaan serta memperoleh sumber dana menjadi lebih mudah. Ukuran perusahaan merupakan skala yang dapat menentukan besar kecilnya perusahaan dengan mengukur total aktiva, nilai pasar saham, log size sehingga ukuran perusahaan dianggap mampu mempengaruhi nilai perusahaan (Bendriani, 2011).
Leverage digunakan sebagai indikator perusahaan dalam menghitung pemakaian hutang oleh perusahaan. Tingkat penggunaan hutang yang optimal dapat meningkatkan modal serta meningkatkan keuntungan (Singpurwoko, 2011). Sementara perusahaan yang terlalu banyak memperoleh pembiayaan dari hutang dianggap tidak sehat karena akan menurunkan laba sekaligus menurunkan nilai perusahaan.
Tingkat profitabilitas yang dihasilkan oleh perusahaan dapat mempengaruhi nilai perusahaan, dengan mengukur laba yang dihasilkan oleh perusahaan. Karena peningkatan laba di suatu perusahaan dapat menjadi indikator bahwa perusahaan tersebut memiliki kesempatan untuk mengembangkan usahanya dari perolehan laba perusahaan maupun laba ditahan. Perusahaan yang memiliki profitabilitas yang tinggi menunjukkan bahwa perusahaan tersebut mengelola kekayaan perusahaan secara efektif dan efisien dalam memperoleh laba setiap periode (Horne dan Wachowicz, 2005: 222).
1.2 Fenomena
Dalam membiayai kebutuhan operasional usahanya, perusahaan membutuhkan sumber dana. Sumber dana dapat diperoleh baik dari inernal perusahaan maupun dari eksternal perusahaan. Namun secara makro upaya perusahaan di Indonesia dalam memperoleh sumber dana seringkali dipengaruhi oleh perekonomian global yang berimbas kepada perekonomian Indonesia. Sementara itu kondisi politik dalam negeri juga memberi dampak kepada perusahaan di Indonesia. Secara mikro upaya perusahaan dalam memperoleh sumber dana seringkali dihadapkan pada bagaimana perusahaan tersebut secara internal mampu menciptakan perusahaan yang sehat secara kinerja dan finansial.BAB II
KAJIAN TEORI
2.1 Grand Theory
Pada jurnal tersebut tidak menggunakan teori utama / grand theory, namun menggunakan middle theory. Middel Theory menjelaskan teori yang melandasi satu atau beberapa variabel dalam penelitian yang berada dalam cakupan grand theory. Pada jurnal tersebut digunakan teori yaitu Teori Riyanto (2001, 313), Teori Darsono (2006, 54), dan Teori Tambunan (2007, 146).
2.2 Penelitian Terdahulu
Novari dan Lestari (2016), Astriani (2014), Sari (2013), Rudangga dan Sudiarta (2016), Denziana dan Monica (2016), Prasetyorini (2013), Herawati (2012).Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa artikel ini hanya memuat informasi critical review yang meliputi Bab I dan Bab II. Critical Review kami terhadap "Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Leverage Serta Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Food Beverages Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018" dijelaskan lebih lengkap pada lampiran file dibawah ini. Kami juga melampirkan sumber jurnal yang menjadi objek critical review dari kami.

Posting Komentar untuk "Critical Review : Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Leverage Serta Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Food Beverages Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018"